Synasmedseo - Seperti halnya
duplicate meta description, maka
duplicate title tags pun akan mempengaruhi relevansi pada hasil pencarian di search engine, bahkan halaman Anda bisa dianggap sebagai duplicate content. Tentu ini akan sangat merugikan dari sisi SEO, dan akan berdampak pada rating hasil pencarian oleh search engine sesuai kata kunci yang dimasukaan oleh pengguna.
Duplicate title tags ini dapat Anda lihat melalui
Google Webmaster Tools. Silahkan login ke Google Webmaster Tools, masukkan user ID serta password Anda. Kemudian pada halaman dashboard pilih menu
Optimization yang berada pada sidebar sebelah kiri dan klik link
HTML Improvements. Pada halaman ini akan terdapat parameter yang menunjukan adanya indikasi duplicate title tags yang ditemukan oleh
crawler search engine saat merayapi situs atau blog Anda.
Jika link duplicate title tags ini dibuka maka akan terlihat postingan mana saja yang terindikasi sebagai duplicate title tags. Anda dapat melihat dua URL terbentuk untuk setiap postingan jika icon panah warna hitam disebelah kiri postingan ini di expand. Ada satu bentuk URL yang saya sendiri belum mengetahui asal-usulnya, URL ini sama seperti URL postingan pada umumnya namun ada penambahan karakter unik ?m=0.
Cara Memperbaiki Duplicate Title Tags
Ada beberapa tutorial hasil browsing yang saya temukan untuk memperbaiki duplicate title tags ini di antaranya :
1. Menambahkan rel='canonical'
Jika menggunakan cara ini maka Anda harus
menambahkan elemen rel='canonical' pada URL halaman Anda yang terindikasi sebagai duplicate title tags, seperti di bawah ini, pada bagian head postingan dalam mode HTML.
<link rel="canonical" href="http://synasmedseo.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-spoiler-atau-tombol.html>
Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan jika postingan yang terdeksi sebagai title tags banyak, seperti yang saya alami terdapat 88 duplicate title tags, kemudian harus menambahkannya satu persatu pada setiap halaman tersebut, sungguh ini suatu pekerjaan yang membosankan.
2. Mengatur URL Parameters
Solusi kedua adalah mengatur URL Parameters di Google Webmaster Tools. Pada halaman dashboard, pilih menu
Configuration, di bawah menu ini terdapat menu
URL Parameters, pilih menu ini dan lihat apakah ada parameter m di dalamnya. Pada bagian
parameter m ini klik link
Edit di sebelah kanan dan atur setingan menjadi
No: Doesn't affect page content (ex: track usage) seperti gambar di bawah ini. Jika Anda tidak menemukan parameter m ini, maka Anda dapat menambahkannya melalui tombol
Add parameter.
3. Menambahkan parameter pada robots.txt
Jika kedua cara di atas belum dapat mengatasi duplicate title tags, maka Anda dapat menambahkan baris perintah pada pengaturan parameter robots.txt yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk mengcrawl url unik yang berakhiran
?m=0, bentuk baris perintah yang ditambahkan pada pengaturan parameter robots.txt adalah seperti di bawah ini
Disallow: /?m=0
Disallow: /?m=1
Disallow: /*/*/*.html?m=0
Disallow: /*/*/*.html?m=1
Jika Anda punya pengalaman lain, saya mengajak Anda untuk berbagi informasi pada bagian komentar blog ini, agar pengetahuan kita menjadi bertambah, sukses untuk Anda dan happy bloging.
Synasmedseo Blogger Tips Trik Tutorial Terbaru
Published:
2013-05-30T10:26:00-07:00
Title:
Cara Memperbaiki Duplicate Title Tags di Google Webmaster Tools
Rating:
5
On
22
reviews